Monday, June 13, 2011

10 Cara Mudah Mencintai Lingkungan

# Angel menanam pohon #
Kita sudah terlalu banyak bicara tentang pelestarian alam. Mulai dari seminar-seminar, diskusi-diskusi, dan sebagainya, namun tanpa usaha yang nyata, semua ini akan sia-sia saja. Kali ini, kami akan mengajak kawan-kawan dan kakak-kakak semua untuk mencintai lingkungan kita ini dengan sepuluh cara yang mudah dan bisa dilakukan setiap hari. 

Berikut sepuluh cara mencintai lingkungan:
  1. Menghemat pemakaian air bersih di rumah. Mungkin kawan-kawan dan kakak-kakak bisa mandi secukupnya saja tanpa perlu berlama-lama atau mematikan keran air saat membersihkan gigi.
  2. Menghemat pemakaian Gas apa saja. Mungkin kita semua bisa menggunakan sepeda atau jalan kaki untuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak terlalu jauh.
  3. Menghemat pemakaian kertas. Kita perlu menulis atau mencetak (print out) pada kedua sisi kertas agar lebih hemat.
  4. Menanam pohon di halaman yang kosong. Kawan-kawan dan kakak-kakak bisa memilih pohon apa saja untuk ditanam. Di samping akan menyejukkan udara di sekitar rumah, pohon juga baik untuk pelestarian air.
  5. Menggunakan pembersih rumah yang tidak membahayakan lingkungan.
  6. Menciptakan habitat satwa liar di halaman belakang rumah. Jika kawan-kawan dan kakak-kakak punya halaman yang kosong di bagian belakang rumah, boleh dijadikan habitat bagi satwa liar dengan cara menanam pohon-pohon dan sebagainya agar menjadi tempat hidup bagi burung, kupu-kupu, cicak, dan sebagainya.
  7. Memperbaiki produk-produk sepert kamera, kulkas dan kompor itu lebih baik daripada membeli yang baru. 
  8. Jangan menggunakan hairspray! Ini menyebabkan lapisan ozon menipis.
  9. Gunakan lagi botol air, handuk, dan gelas yang sudah ada dan masih layak dipakai.
  10. Daur ulang barang-barang yang lama menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat untuk dapat digunakan kembali. Kami yakin kawan-kawan dan kakak-kakak punya banyak ide kreatif.
Tidak sulit untuk mencintai lingkungan, bukan? Selamat mencintai lingkungan dengan tindakan nyata kawan-kawan!

Salam manis dari kami semua di Gunung Mimpi :)

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More