Sunday, June 19, 2011

#BerSamPlas: Pantai Bertambah Bersih dan Kakak Bertambah Banyak

Pukul 3 sore hari ini kami turun gunung untuk mewujudkan satu saja mimpi mulia, "Bersih Sampah Plastik". Tidak disangka hari ini kami punya banyak kakak-kakak yang datang menemani. Ada yang sudah kami kenal dan ada juga yang baru hari ini berjumpa. Kakak-kakak ini pasti punya semangat dan kecintaan yang sama kepada bumi. Inilah yang mempertemukan kami di sepanjang jalan menuju pantai.

Kami tidak berkenalan secara formal, namun di sela-sela kesibukan memungut sampah plastik kami saling berkenalan satu dengan yang lain. Pertama, hari ini ada Kakak Burhan yang sudah beberapa kali berjumpa dengan kami dan yang pernah memberi film "Earth" untuk kami tonton bersama. Hari ini Kakak Burhan juga turut bersih sampah plastik dan memberi film baru yang  tadi kami tonton sama-sama. Kedua, ada kakak Abe yang baru saja pulang belajar dari Pulau Jawa dan langsung bergabung bersama kami hari ini. Ketiga, ada kakak Stanley dan kakak Fanny yang juga bergabung bersama dalam gerakan bersih sampah plastik hari ini. Kak Stanley dan kak Fanny bahkan ikut pulang bersama kami ke Gunung Mimpi dan berbagi cerita bersama kami semua. Hari ini kak kak Fanny jadi fotografer yang banyak mengabadikan gerakan bersih sampah plastik minggu ketiga ini dalam gambar. Kelima, ada kakak Maryo yang adalah pengajar di Fakultas Teologi UKIM. Kakak Maryo juga baru bergabung hari ini. Wah, hampir lupa! Hari ini kakak Jecky juga ikut bergabung. Hari yang ramai bukan? Tentu!


Nah, itu tadi kakak-kakak yang baru bergabung hari ini, sedangkan sudah beberapa kali kami ditemani oleh beberapa kakak. Mereka adalah kak Noel, kak Ronny, kak Maryo N, kak Abe A, kak Wirol. Ada juga kak Talsea dan om Jacky yang selalu setia. Jadi hari ini ada dua orang kakak yang bernama Maryo dan dua orang kakak lagi yang biasa dipanggil kak Abe. Seru sekali hari ini. Sudah dulu perkenalannya. Sekarang cerita ini dilanjutkan!

Tidak banyak yang berubah di sepanjang jalan, namun ada satu yang berubah. Hari ini pantai sedikit kelihatan lebih bersih dari minggu-minggu sebelumnya. Ya, kalau minggu sebelumnya pantai begitu parah, hari ini kami berhasrat untuk menikmati airnya yang jernih.  Maka, setelah selesai #BerSamPlas kami pun mandi dan melepaskan keinginan yang tertahan sejak tiba tadi.

Ada satu peristiwa menarik hari ini. Sampah yang kami daur ulang menjadi pengalas meja, hari ini kami hadiahkan kepada om Jacky. Ingat, tiga R terkait sampah plastik, bukan? Reuse (menggunakan kembali wadah-wadah berbahan plastik yang masih layak pakai), Reduce (mengurangi penggunaan plastik) dan  Recyle (mendaur ulang sampah plastik) menjadi sesuatu yang bisa digunakan dan bermanfaat. Inilah yang sudah coba kami lakukan.

Akhirnya, 23 kantong yang berisi sampah plastik berhasil kami kumpulkan, 21 kantong kami buang ke tempat sampah dan 2 kantong kami bawa pulang ke Gunung Mimpi untuk didaur-ulang. Mengakhiri cerita tentang #BerSamPlas hari ini kami ingin mengajak semua orang untuk mencintai alam dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan. Salam manis dari kami semua di Gunung Mimpi. Sekian!

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More