Monday, June 20, 2011

Perbedaan itu Kekayaan

Perbedaan sering sekali menjadi masalah. Berita-berita di televisi sering menayangkan bagaimana orang-orang dari kalangan yang berbeda saling menjatuhkan, menghina, menyakiti, membakar, bahkan saling membunuh. Seperti masyarakat yang luas, komunitas Gunung Mimpi yang belajar dan berkreasi bersama juga memiliki banyak perbedaan antara anggota-anggotanya. Kami masing-masing berbeda satu dengan yang lain. Dalam komunitas ini ada yang berasal dari Pulau Ambon, ada juga dari Pulau Seram, ada yang berasal dari Ternate, Pulau Haruku, Pulau Saparua, Pulau Kisar, ada juga yang berasa dari Pulau Teon, Nila dan Serua, bahkan ada yang berdarah Cina.
# Perbedaan itu Anugerah #


Kami memang sering bertengkar, tetapi bukan karena perbedaan asal-usul kami, tetapi karena hal-hal kecil di sekitar permainan kami sebagai anak-anak. Kami banyak belajar tentang perbedaan sebagai anugerah dan kekayaan yang diberikan Tuhan kepada komunitas ini. Oleh karena itu, sekalipun kami sering bertengkar, kami tetap saling menyayangi satu dengan  yang lain.

Kami berharap, masyarakat Indonesia yang kaya dengan perbedaan dapat tetap saling menyayangi sekalipun ada pertengkaran. "Perbedaan itu anugerah yang harus disyukuri, bukan untuk dijadikan masalah". Begitu kata kakak yang bercerita dengan kami sore tadi.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More