Sunday, August 21, 2011

#BerSamPlas 12: Empat Karung

# BerSamPlas 12 #
Minggu ini, 21 Agustus 2011, budaya bersih yang berusaha kami tumbuhkan melalui kebiasaan Bersih Sampah Plastik mengalami ujian. Ujian yang kami hadapi hari ini adalah kesetiaan atau ketetapan hati untuk terus melakukannya. Tidak terasa hari ini sudah 12 kali kami melakukan aksi bersih sampah plastik dan rupanya ada banyak teman yang mulai kehilangan semangat atau mungkin mulai bosan. Akhirnya hanya sedikit dari kami yang hadir dan berjalan memungut sampah plastik hari ini. Sekitar 10 orang kawan kami yang tidak hadir.

Seperti biasa, kami berkumpul dan berdoa dan setelah itu langsung turun ke jalan dan mulai memungut sampah plastik. Hari ini tidak terlalu banyak sampah yang bertebaran di pinggir jalan. Kami hanya berhasil mengumpulkan 4 karung penuh sampah plastik hari ini.
# Turun Gunung untuk #BerSamPlas 12 #
Ada kakak-kakak yang menemani kami #BerSamPlas hari ini. Kak Tasha, Kak Zhy, dan Kak Ghusye menyusul kami ke pantai dan memungut sampah plastik bersama kami. Ada juga kak Jecky dan Kak Noel yang selalu setia. Pantai juga semakin bersih, kami hanya berhasil mengumpulkan setengah karung sampah plastik di situ. Ini tentu jauh lebih sedikit dari minggu-minggu sebelumnya.

Setelah selesai mengumpulkan sampah plastik dan siap untuk diangkut ke tempat pembuangan sampah, maka kami pun bermain. Permainan sore ini bernama "boi", permainan lokal yang sangat membutuhkan ketangkasan dan kerja sama tim yang kuat. Biasanya, permainan ini menggunakan kaleng dan bola kasti, tapi karena kaleng tidak ada maka kami hanya menggunakan potongan-potongan kayu berbentuk kotak dan bola plastik untuk menggantikannya. Yang penting permainannya bisa kami nikmati. Kami bermain di lapangan yang berada tidak jauh dari pantai. Usai bermain, kami beristirahat sejenak dan menikmati pisang goreng yang masih hangat, yang dibeli dari tempat gorengan di pinggir pantai yang kami bersihkan itu. Makan bersama-sama sambil bercerita dengan kakak-kakak ternyata menyenangkan juga.
# "Boi", Permainan lokal : Ketangkasan dan kekompakan adalah utama #
Kami berpindah kembali di pantai. Kali ini untuk bermain sambil belajar bahasa Inggris. Permainannya adalah tebak kata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kartu kata benda. Kartu ini adalah pemberian Kak Fanny sewaktu pulang dari Surabaya baru-baru ini. Kami membagi diri dalam dua kelompok yang saling berkompetisi. Kak Tasha dan Kak Zhy juga ikut bermain.

Akhirnya, kami pun kembali pulang. Berjalan bersama-sama menikmati jalanan yang sudah bersih dengan gembira. Kami berdoa untuk mengakhiri kegiatan hari ini dan berpisah satu dengan yang lain. Sampai jumpa di #BerSamPlas 13 ya! Semoga tetap semangat!

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More